Tempat berbagi segala informasi yang bermanfaat dan kita akan maju bersama agar bisa menggapai impian kita

Pemilihan Umum 1955

Artikel terkait : Pemilihan Umum 1955

Pemilihan Umum 1955 - Pemilu adalah salah satu cara untuk melaksanakan demokrasi yang berfungsi untuk mengikutkan rakyat dalam kehidupan bernegara, tahukah kamu bahwa pemilu belum bisa dilaksanakan pada tahun pertama kemerdakaan meskipun ide itu muncul. Sebelum pada masa presiden soekarno, yang melewati beberapa ere seperti revolusi fisik, demokrasi parlementer dan demokrasi terpimpin, hanya sekali untuk melaksanakan pemilu yang mana tepat pada 1955. pemilu ini terjadi pada masa pemerintahan dengan perdana menteri buhanuddin Harahap dari masyumi. hal ini akan terjadi peraturan yang dijadikan landasan dalam pemilihan umum 1955 adalah Undang undang nomor 7 tahun 1953 yang mana telah disusun pada masa pemerintahan perdana menteri wilopo dari PNI.
Pemilihan Umum 1955
Berikut latar belakang dilaksanakan pemilu 1955
  • Untuk revolusi fisik atau perang kemerdakaan, memberi tuntutan pada semua potensi bangsa untuk fokus pada usaha mempertahankan kemerdakaan.
  • Adanya pertikain secara internal baik dalam segi politik atau pemerintah cukup menguras energi dan perhatian pada tanggal 4 april 1953 yang telah dirancang dan disahkan oleh kabinet wilopo,

Pemilihan Umum 1955

Selain itu ada faktor lain yaitu dorongan oleh kesadaran untuk membentuk demokrasi yang sejati, rakyat memberi tuntutan pada ajang pemilu. persiapan pemilu ini dilaksanakan oleh kabinet Alo Sastroamijoyo 1. yang mana pada tanggal 31 juli 1954, sehingga panitia pemilihan umum pusat juga dibentuk. sedangkan panitia ini dipimpin oleh Hadikusumo dari PNI. tepatnya pada tanggal 16 april 1955, Hadikusumo telah mengumumkan bahwa pemilihan umum untuk parlemen akan diadakan pada tanggal 29 september 1955. nah pengumuman dari Hadikusumo sebagai ketua panitia tersebut, yaitu mendorong partai untuk meningkatkan kampanyenya. diharapkan mereka mampu berkampanya sampai pelosok desa. setiap desa dan kota akan dipenuhi oleh tanda gambar peserta pemilu yang telah dipilih. masing-masing partai akan berusaha untuk mendapatkan suara terbanyak.
Adapun tujuan pemilihan umum 1955
Kalau menurut undang-undang nomor 7 tahun 1953. pemilu ini dilaksanakan untuk memilih anggota-anggota parlemen DPR dan lembaga yang diberi tugas dan wewenang untuk melakukan perubahan atas konstitusi negara. adapun sistem pemilu yang dipakai pada waktu itu yaitu sistem perwakilan proporsional. nah dengan sistem ini, wilayah RI dibagi menjadi 16 daerah pemilihan, dimana irian barat dimasukkan sebagai daerah pemilihan ke-16, padahal waktu ini irian barat masih belum merdeka dan dikuasai oleh belanda, sehingga pemilu tersebut tidak bisa dilaksanakan didaerah tersebut.
Dalam sistem perwakilan proporsional itu setiap daerah pemilihan dapat mendapatkan beberapa kursi yang berdasarkan jumlah penduduknya, dengan ketentuan setiap daerah berhak untuk mendapatkan jatah paling sedikit 6 kursi konstituante dan tiga di parlemen. maka pada setiap daerah, kursi itu diberikan pada partai-partai dan calo-calon anggota lainnya sesuai dengan jumlah suara yang didapatkan, untuk sisa suara bisa digabungkan, baik antara berbagai partai di dalam suatu daerah pemilihan. 
Untuk jumlah kursi DPR telah disediakan dan diperebutkan sebanyak 260, sedangkan untuk kursi konstituante berjumlah 520 dua kali lipat dengan kursi DPR. juga ditambah dengan 14 wakil golongan minoritas yang dipilih oleh Pemerintah. Selain pemeilihan DPR dan konstituante, juga akan diadakan pemilihan DPRD. nah untuk pemilhan DPRD ini dilaksanakan secara dipisah antara Indonesia bagian barat dan bagian timur. dengan menggunakan sistem memisah itu maka terlaksananya pemilu DPR, konstituante, dan DPRD akan menjadi lebih fokus. konstituen pemilihan bisa dengan cermat menyimak materi kampenye yang telah disediakan dan lebih bisa menilai kualitas calon yang diangkat oleh sebuah partai.

Artikel Laskar Ncc Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN SILAHKAN BERKOMENTAR

Notes :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Untuk anda yang ingin mendapat backlink silahkan komentar di name/url
- Dilarang promo obat atau yang sejenisnya

Copyright © 2015 Laskar Ncc | Design by Bamz